Translate

Rabu, 27 November 2013

Sidang KWI: Perangi Narkoba dan Ikut Pemilu!

Penutupan Sidang: Mgr Aloysius Sudarso SCJ menyampaikan pesan para uskup dalam perayaan Ekaristi penutupan Sidang KWI di Gereja Paroki Kristus Raja Pejompongan. - See more at: http://www.hidupkatolik.com/2013/11/25/sidang-kwi-perangi-narkoba-dan-ikut-pemilu#sthash.N64mVL6Q.dpuf
Mgr Aloysius Sudarso SCJ menyampaikan pesan para uskup dalam perayaan Ekaristi penutupan Sidang KWI di Gereja Paroki Kristus Raja

Senin, 25 November 2013 17:26 WIB 
HIDUPKATOLIK.com - Para uskup menutup agenda sidang tahunan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dengan mengajak umat untuk memerangi narkoba dan terlibat aktif dalam Pemilu 2014.

Sidang KWI 2013 yang mengambil tema Gereja Menyikapi Agenda Politik Bangsa dan Masalah Kejahatan Narkoba ditutup dengan perayaan Ekaristi di Gereja Paroki Kristus Raja Pejompongan, Kamis malam, 14/11. Ekaristi dipimpin Ketua Presidium KWI Mgr Ignatius Suharyo.

Uskup Agung Palembang Mgr Aloysius Sudarso SCJ yang didapuk berkotbah, menyampaikan dua pesan bagi umat Katolik di Indonesia. Pertama, para uskup mengajak umat untuk memerangi peredaran narkotika dan obatobatan berbahaya (narkoba) yang sudah merusak sendisendi kehidupan bangsa. Selain itu, para uskup juga meminta umat agar turut memberi perhatian kepada panti rehabilitasi narkoba. “Dalam kasus narkoba yang paling dirugikan adalah korban. Maka berilah perhatian khusus terhadap panti rehabilitasi. Kita semua harus ikut terlibat!” kata Mgr Sudarso.

Kedua, menjelang Pemilu 2014, kata Mgr Sudarso, para uskup mengimbau agar umat Katolik terlibat aktif dalam Pemilu. Para uskup berharap, umat Katolik menjatuhkan pilihan secara cerdas. “Pilihlah calon yang memperhatikan dan memperjuangkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Untuk menegaskan pesan itu, para uskup mengeluarkan Surat Gembala menyambut Pemilu 2014 berjudul Jadilah Pemilih Cerdas Dengan Berpegang Pada Hati Nurani. Surat Gembala ini akan dikeluarkan pada awal tahun 2014. Selain itu, para uskup juga menulis Surat Gembala bertajuk Jadilah Pembela Kehidupan, Lawanlah Penyalahgunaan Narkoba. Bersama dengan Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI), para uskup mengeluarkan Pesan Natal Bersama 2013: Datanglah, ya, Raja Damai.

Peduli Seminari
Di sela-sela sidang tahunan KWI, sebanyak 25 uskup mengikuti perayaan Ekaristi yang diadakan Gerakan Orang Tua Asuh untuk Seminari (Gotaus) di Gereja Paroki Kristus Salvator Slipi, Jakarta Barat, Minggu, 10/11. Acara ini rutin digelar untuk menggalang dana bagi pendidikan para calon imam di seminari-seminari. Perayaan Ekaristi dipimpin Uskup Tanjungkarang Mgr Yohanes Harun Yuwono.

Uskup yang baru pertama kali mengikuti sidang para uskup ini mengucapkan terima kasih kepada umat yang telah memberikan bantuan serta perhatian kepada pendidikan di Seminari. “Para uskup memang tidak memiliki anak, maka berikan dan doronglah anak bapak dan ibu untuk kami didik menjadi imam,” ujar Mgr Harun.

Aprianita Ganadi
Laporan: Ag. Suprimanto/Yanuari Marwanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar