Translate

Rabu, 02 April 2014

Ratna Ariani: Peduli Rakyat, Peduli Perempuan, Peduli Orang Muda

Ir. M.A. Ratna Ariani MBA, Caleg DPR RI Partai HANURA Dapil Jabar VI Kota Depok Kota Bekasi. [Foto-Foto: Dokumentasi Pribadi]

Ratna lahir di Yogyakarta, Jawa Tengah, yang kemudian dibesarkan di Jakarta serta menyelesaikan pendidikan sebagai sarjana teknik sipilnya di UNPAR Bandung. Ia mengambil magister manajemen di Institut Management Telkom yang didirikan PT Telkom Indonesia bersama Asian Institute Management di Bandung. Sebagai lulusan terbaik angkatan I, tidak sulit baginya untuk mulai membangun karirnya sebagai konsultan manajemen yang telah ditekuninya selama lebih dari 18 tahun di berbagai perusahaan konsultan internasional. 


Dengan fokus perhatiannya bagi pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), organisasi dan pengelolaan perubahan, sebagai Project Manager, Ratna membantu berbagai perusahaan besar dan BUMN dalam menghadapi transformasi organisasi, SDM dan budaya perusahaan.

Wanita karir yang juga ibu dari 3 orang anak ini juga memberi perhatian pada bidang kewirausahaan. Hal ini diwujudkan melalui pembentukan Credit Union Micro Innovation yang khusus melayani pengusaha kecil di wilayah tempat
Ratna bersama MNC TV
tinggalnya. Melalui kantor pusat Bina Swadaya di Mekarsari, Cimanggis Depok, ia terlibat menjadi  pembina Yayasan Bina Swadaya yang memiliki hampir 1,000 karyawan untuk mengelola majalah Trubus, Wisma Hijau, beberapa BPR, pendampingan Usaha Kecil Mikro (UKM), serta jasa usaha lainnya. Berbagai bidang unit usaha Bina Swadaya bertujuan untuk melahirkan sebanyak mungkin pelaku wirausaha-sosial terutama di bidang agrobisnis dan lingkungan hidup.

Ia juga merupakan salah satu pengurus di IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia) yang banyak memberikan pendampingan dan bimbingan di beberapa pasar tradisional yang sedang menghadapi berbagai masalah. Saat ini IKAPPI sedang berjuang mengkritisi UU Perdagangan yang dapat memberikan dampak negatif bagi kelanggengan pasar tradisional.

Ratna juga tidak melupakan orang-orang yang kurang mendapatkan perhatian di masyarakat seperti para lansia dan orang-orang terlantar. Sejak 1990, Ratna memimpin Yayasan Kasih Abadi yang bekerjasama dengan pemda DKI dalam melayani panti-panti werda dan panti laras. Sebagai aktivis sosial, Ratna pernah terlibat sebagai pendamping bagi para penderita narkoba serta terlibat dalam berbagai bakti sosial di wilayah yang terkena bencana alam.

Ratna Ariani
Keprihatinannya pada rakyat kecil, perlunya penguatan peranan perempuan sebagai tiang ekonomi dalam rumah tangga serta peran orang muda yang perlu disiapkan menghadapi era globalisasi membuatnya terlibat di dunia politik sejak 2004. Sebagai seorang profesional, Ratna yakin bahwa kekayaan Indonesia bukan pada kekayaan alamnya saja tetapi justru terletak pada jumlah SDM yang besar khususnya generasi muda dengan usia produktif. Berdasarkan pengalamannya, bukan tidak mungkin pendidikan yang baik dapat menghasilkan SDM lokal berkualitas eksport yang berdaya saing tinggi. Peningkatan kualitas SDM  perlu dikelola dan dikembangkan secara profesional sehingga memiliki tingkat pendidikan/keahlian yang memadai serta memiliki etos kerja tinggi. Hal ini menjadi krusial bagi pengelolaan sumber daya alam yang harus dimanfaatkan bagi kesejahteraan rakyat dan peningkatan ketahanan ekonomi nasional di era globalisasi

Dengan terjun sebagai praktisi di dunia politik, Ratna bertekad mesujudkan visinya untuk  membangun negeri melalui kebijakan anggaran dengan memperkuat ekonomi kerakyatan.Ekonomi kerakyatan dapat menyentuh jauh lebih banyak rakyat di wilayah pertanian dan kelautan serta memiliki jangkauan lebih luas dan tersebar, tidak terpusat di kota besar saja.  Memberikan penguatan UKM yang memiliki daya saing tinggi akan berdampak besar bagi penguatan ekonomi nasional. Mengingat sebagian pelaku UKM adalah kelompok perempuan, hal ini juga sekaligus mendorong partisipasi kaum perempuan dalam memperkokoh tiang ekonomi keluarga. Keluarga yang semakin sejahtera akan melahirkan generasi yang kesehatan dan pendidikannya lebih baik.
Ratna dan keluarga

Orang muda yang merupakan generasi penerus bangsa, perlu dibekali dengan keahlian dan pendidikan memadai sesuai dengan kebutuhan pasar dan memenuhi standar dunia kerja. Selain itu kemudahan terhadap modal kerja dan perizinan usaha juga diperlukan agar semakin banyak orang muda teratih sebagai wirausaha dan dapat membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya.

Sampai saat ini Ratna terus melayani masyarakat Depok dan Kota Bekasi yang berminat untuk menjadi kader Hanura dan mendapatkan fasilitas asuransi jiwa secara gratis. Ia juga membantu lebih dari 400 perempuan pelaku UKM untuk mendapatkan bantuan modal kerja serta pendampingan dari Program Padamu Negeri WIN-HT. Masih ratusan pelaku UKM yang belum tertampung akan dilibatkannya dalam pembentukan koperasi khusus wanita pelaku UKM. Selain memberikan santunan bagi anak yatim dan para janda/lansia, berbagai layanan masyarakat seperti penyediaan multi media untuk warga yang ingin mengadakan hajatan/nonton bareng dan penyuluhan kesehatan serta layanan fogging gratis juga disediakan.

Ratna berkeyakinan kuat bahwa dengan kompetensinya serta integritasnya sebagai seorang profesional,  bersama Partai Hanura dan WIN-HT yang bermotto BERSIH-PEDULI-TEGAS, ia dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia yang semakin adil, aman dan sejahtera.

RIWAYAT HIDUP
Nama :    M. A. Ratna Ariani
Profesi:    Konsultan Manajemen
Tempat/Tanggal Lahir:     Jogyakarta, 15 Agustus

Pendidikan:
Sarjana Teknik Sipil – Universitas Katolik Parahyangan – Bandung
Master of Business Administrasion – Institut Manajemen Telkom – Bandung

Riwayat Pekerjaan:
2013 – 2014   Associate Director PricewaterhouseCoopers (PwC)
2008 – 2012    Associate Director TASS Consulting.
2004 – 2006    Associate Consultant Hewitt Consulting.
1991 – 2001    Senior Manager Accenture Indonesia.
1987 – 1989   Site Manager Marichar Real-estate Corporation

Pelatihan:                      
Facilitation Skill Training – Jakarta (Accenture)
Performance Design Fundamental School- Chicago (Accenture)
Facilitator Design School – Chicago (Accenture)
Organization Design School – Chicago (Accenture)
Change Management School – Hongkong (Accenture)
Manager School – Melbourne (Accenture)
Business Process Management School– Paris (Accenture)
Advanced Leadership Seminar – Hawaii (Haggai Institute)
Trainer’s Course Haggai Institute – Jakarta (Haggai Institute)
Training For Trainer Becoming Distinctive Business Advisor – Jakarta (PwC)
South East Asia Academy – Kuala Lumpur – Malaysia (PwC)
Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan  – LEMHANAS

Trainer: Corporate Culture, Leadership, Change ManagementOrganisasi:                             
2006 – sekarang        Ketua Yayasan Kasih Abadi
2010 – sekarang        Pembina Yayasan Bina Swadaya, Cimanggis, Depok
2010 – sekarang Anggota Komisi Hubungan Antar Agama & Kemasyarakatan KAJ
2012 – sekarang       Pengurus Pusat IKAPPI (Ikatan Pedagang Pasar Indonesia)
2008 – sekarang       Wakil Bendahara Umum DPP Partai Hanura


Ir. M.A. Ratna Ariani MBACaleg DPR RI Partai HANURA Dapil Jabar VI Kota Depok Kota Bekasi
WA 08170062908 FB Ratna Ariani @mb_ratna on twitter
Peduli Rakyat,  Peduli Perempuan, Peduli Orang Muda
www.ratnaariani.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar